WARTA JURUSAN PERKEBUNAN POLITANI UNAND

Jumat, 18 April 2008
RENCANA KEBUTUHAN DATA
PENGEMBANGAN AKADEMIK DAN FISIK
POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PAYAKUMBUH
MENYONSONG KEBIJAKAN DIKTI DIMASA DATANG


POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PAYAKUMBUH
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2007


I. PENDAHULUAN.

1.1. Latar Belakang.

Menurut Widjojo Nitisastro (1963) perencanaan dalam arti luas adalah suatu proses persiapan secara sistematis sebagai kegiatan untuk mencapai suatu tujuan. Oleh karena itu perencanaan bukan merupakan tujuan, tapi merupakan alat untuk mencapai tujuan. Pada dasarnya perencanaan merupakan :

1. Penentuan pilihan secara sadar mengenai tujuan-tujuan konkrit yang hendak dicapai dalam jangka waktu tertentu atas dasar nilai-nilai yang ada dalam sebuah masyarakat
2. Pilihan diantara alternatif cara-cara yang efisien serta rasional guna mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Polipyk) adalah sebuah pendidikan tinggi professional yang merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan professional dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Perkembangan pendidikan tinggi menuntut adanya otonomi yang lebih luas sehingga proses pendidikan dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien. Di samping itu pengelolaan pendidikan tinggi dituntut memenuhi akuntabilitas baik kepada masyarakat mampun pemerintah.

Berdasarkan Kerangka Dasar Pengembangan Pendidikan Tinggi (2003-2010) yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional ada tiga komponen penting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan pendidikan tinggi yaitu :

1. Kemampuan berkompetisi bangsa. ( The Nation’s Competitiveness).
2. Otonomi (Autonomy)
3. Kesehatan Organisasi (Organizational Health).

Dengan dasar itu Polipyk harus mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang penuh tantangan, proses perubahan yang sangat cepat, tuntutan masyarakat tentang pendidikan yang bermutu, peluang kerja alumni yang semakin sempit dan era globalisasi dengan sebuah PERENCANAAN yang jelas dan komprehensif berdasarkan Visi, Misi dan Tujuan dengan memperhatikan keadaan internal dan eksternal Polipyk.

Sampai saat ini Polipyk belum mempunyai data dasar yang jelas sehingga pengusulan dan pelaksanaan kegiatan baik yang berkaitan dengan pengembangan akademik maupun pengembangan fisik terjadi secara parsial, kurang terkoordinasi dan belum berorientasi pada sebuah visi masa depan. Perencanaan selalu menunjukan antisipasi masa depan dan langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai tingkat perkembangan dimasa depan berdasarkan keadaan dan tingkat perkembangan pada saat rencana disusun. Tanpa mempunyai suatu rencana pengembangan, maka pembinaan dan pengembangan Polipyk tidak akan dapat dilakukan secara sistematis dan terpadu. Semua itu bisa dilakukan jika data yang jelas tersedia yang dapat diakses dan dianalisa.

1.2. Maksud dan Tujuan

Data merupakan dasar sebuah perencanaan dan pengembangan unit-unit yang ada dalam lingkungan Polipyk.

Maksud pengumpulan data adalah untuk melihat kondisi rill Polipyk saat ini dan rencana pengembangan masa datang

Pada hakekatnya pengumpulan data mempunyai tujuan yaitu :

1. Memberi gambaran tentang kondisi dan masalah yang dihadapi pada waktu sekarang, perkiraan keadaan dan tantangan dimasa datang, gambaran tentang kebijakan yang dipilih untuk mencapai tujuan dan langkah-langkah strategic yang akan dilaksanakan untuk mencapai sasaran-sasaran dalam rangka membangun Polipyk.
2. Sebagai dasar untuk mengadakan evaluasi perkembangan tahunan, lima tahunan, sepuluh tahunan yang lebih efektif dan efisien.
3. Penataan data akademik, fisik dan sumberdaya lainnya.Panduan bagi Manajemen Polipyk dalam mengambil kebijakan
posted by Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan @ 15.00  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 

ShoutMix chat widget
JURUSAN PERKEBUNAN

Previous Post
Archives
YOUR TITLE HERE

Saat ini Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan memiliki Program D-III (Budidaya Tanaman Perkebunan) dan D-IV (Manajemen Perkebunan).

Links
Powered by

BLOGGER